Shrinkflation

Baru-baru ini viral snack makanan ringan yang ukurannya mengecil. Salah satunya snack Momogi, banyak netizen yang bertanya-tanya terutama generasi milenial. Ukurannya mengecil atau kita yang udah gede jadi terasa kecil ya?

Ternyata, kenyataannya memang ukurannya yang mengecil. Hal ini sering terjadi di kalangan produsen, atau biasa disebut shrinkflation. Shrinkflation merupakan praktik mengurangi ukuran produk sambil mempertahankan harga. Keputusan ini terjadi pada saat inflasi meningkat karena perusahaan harus mengatasi kenaikan biaya untuk bahan, pengemasan, tenaga kerja, dan transportasi (Durbin, 2022).

Sebenarnya selain melakukan penyusutan produk, bisa juga dengan melakukan kenaikan harga. Namun masyarakat biasanya lebih sensitif terhadap perubahan harga dibandingkan produk itu sendiri. Sebelum melakukan penyusutan secara masif, perusahaan biasanya melakukan riset pasar. Produk dibuat lebih kecil ukurannya kemudian didistribusikan ke pasar. Jika tidak ada komplain dari konsumen, maka perusahaan akan melakukan tindakan untuk mengatasi hal ini, bisa jadi mengurangi bahan baku atau produknya.

Namun sebenarnya, apakah shrinkflation ini etis? Termasuk dalam kategori penipuan atau sah-sah saja dalam menjalankan bisnis? Menurut kalian bagaimana? Merasa tertipu atau malah maklum karena saat ini semua mengalami kenaikan harga?

Leave a comment